Minggu, 18 September 2011

1. JENIS-JENIS PERIPHERAL BERDASARKAN KELOMPOK DAN FUNGSINYA

1. JENIS-JENIS PERIPHERAL BERDASARKAN KELOMPOK DAN FUNGSINYA

1. KEYBOARD
Berbentuk mirip mesin ketik yang berisi huruf, angka, simbol-simbol khusus serta tombol-tombol fungsi. Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol. Saat ini sejumlah perusahaan seperti Microsoft dan Logitech sudah membuat keyboard tanpa kabel (wireless) yang menggunakan pancaran infrared.
2.MOUSE
Alat yang mirip tikus dan terdiri dari dua atau tiga tombol, berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping. Didalamnya terdapat bola karet yang akan menggerakkan roda-roda kecil, yang akan mengatur gerakan kursor/pointer. Mouse generasi terbaru biasanya dilengkapi scrolling button untuk memudahkan bergerak turun/naik dilayar monitor. Mouse juga bisa digunakan untuk memainkan game. Kini mouse wireless juga telah diproduksi.
3.LIGHTPEN
Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.
4.TRACKBALL
Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.
5.MONITOR
Bentuknya mirip televisi dan berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor hampir semuanya berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang dihasilkannya juga jauh lebih bagus.
6.PRINTER
Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.
7.PLOTTER
Sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido (pena khusus untuk menggambar), namun sekarang plotter juga terdiri dari inkjet dan laser.
8.SCANNER
Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer. Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang dan digerakkan dengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi).
9.EXTERNAL ZIP DRIVE
Fungsinya sama dengan disket, ukurannya juga sama 3,5 inci – hanya agak lebih tebal – namun kapasitasnya jauh lebih besar – 100MB yang kira-kira sama dengan 70 disket berkapasitas 1,44MB. Zip drive ini dibuat oleh perusahaan Iomega.
10.EXTERNAL FLOPPY DISK DRIVE
Sama fungsinya dengan disk drive yang terpasang di casing, tetapi yang ini berada diluar dan dihubungkan dengan kabel. Umumnya digunakan untuk komputer laptop/notebook.
11.TAPE DRIVE
Berfungsi untuk menjalankan tape dalam penyimpanan/pengambilan data.
12.MICROPHONE DAN SPEAKER
Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.
13.JOYSTICK
Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.
14.JOYPAD/GAMEPAD
Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.
15.KAMERA DIGITAL
Kerjanya mirip kamera foto biasa, hanya saja hasilnya langsung disimpan dalam format data komputer. Hasil yang diperoleh jauh lebih bagus dibandingkan hasil cetakan film negatif.
16.EXTERNAL MODEM
Modem external dipasang diluar casing dan dihubungkan melalui kabel, sedangkan modem internal berbentuk card yang ditancapkan pada mainboard. Modem berfungsi mengubah sinyal digital ke analog dan sebaliknya, guna mengirim data komputer melalui saluran telepon. Jika ingin menggunakan internet, modem harus tersedia.

2. FUNGSI SPESIFIK DARI TIAP-TIAP KOMPONEN PADA PERANGKAT PC DAN PERIPHERAL

1.KEYBOARD.
Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol.

2.MOUSE.
. Berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping

3.LIGHTPEN.
digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.

4.TRACKBALL.
Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat.

5.MONITOR.
berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer.

6.PRINTER.
Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca.

7.PLOTTER.
Sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa.

8.SCANNER.
Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer.

9.EKSTERNAL ZIP DRIVE.
Fungsinya sama dengan disket, ukurannya juga sama 3,5 inci – hanya agak lebih tebal – namun kapasitasnya jauh lebih besar – 100MB yang kira-kira sama dengan 70 disket berkapasitas 1,44MB.

10.EKSTERNAL FLOPPY DISK DRIVE.
Sama fungsinya dengan disk drive yang terpasang di casing, tetapi yang ini berada diluar dan dihubungkan dengan kabel.

11.TAPE DRIVE.
Berfungsi untuk menjalankan tape dalam penyimpanan/pengambilan data.

12.MICROPHONE & SPEAKER.
Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.

13.JOYSTICK.
Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game.

14.JOYPAD/GAMEPAD.
Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.

15.CAMERA DIGITAL.
Kerjanya mirip kamera foto biasa, hanya saja hasilnya langsung disimpan dalam format data komputer.

16.EKSTERNAL MODEM.
Modem berfungsi mengubah sinyal digital ke analog dan sebaliknya, guna mengirim data komputer melalui saluran telepon. Jika ingin menggunakan internet, modem harus tersedia.

3. JENIS DAN FUNGSI PERIPHERAL YANG DIGUNAKAN PADA PC


• Keyboard :
Gunanya untuk memberi perintah kepada komputer dengan cara menuliskannya atau menekan kombinasi beberapa tombol.
• Mouse :
Berfungsi untuk mengendalikan kursor/pointer dilayar monitor dengan cara menggerakkannya maju, mundur atau kesamping
• Printer :
Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca.
• Plotter:
Sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa.
• Scanner :
Digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer.
• Sound card:
Sound Card memiliki fungsi sebagai pengolah data berupa audio atau suara dan sebagai penghubung alat input/output suara ke komputer.
• Projector:
digunakan untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti tembok, dsb.
• Tape drive :
Berfungsi untuk menjalankan tape dalam penyimpanan/pengambilan data.

4.






5. JENIS DAN FUNGSI PERANGKAT IDENTIFIKASI MODERN

1.BARCODE.
Fungsi barcode,menyimpan data-data spesifik misalnya kode produksi, tanggal
kadaluwarsa, nomor identitas dengan mudah dan murah.Jenis barcode:
a) Code 39.
b) Universal Product Code (UPC)-A,
c) UPC-E.
d) European Articles Numbering (EAN)-8.
e) EAN-13 atau UPC-A versi Eropa.

2.FINGER SCAN.
3.RETINA SCAN.

6. JENIS,FUNGSI, DAN PRINSIP KERJA PERANGKAT PENYIMPANAN MODEM


1.FLASHDISK.

Jenis flashdisk:
1. EASYDISK ALUMINIUM 256 MB USB DRIVE
2. IPTEK: Pen Drive (USB Flash Hard Drive)
3. MCPRO USB 2.0 128 MB
4. USB FLASH DRIVE
5. POCKET FLASH DRIVE
6. GIZMO
7. DISGO
8. USB CARD
9. POWERPLAY PRO
10. MEGA MEMORY WATCH
11. MICRO VAULT
12. E.ZI DRIVE


Fungsi Flashdisk:

Flash disk untuk menyimpan dan memindahkan data Anda mungkin yang paling umum digunakan untuk USB flash drive. Tapi sebenarnya ada manfaat flash disk lain yang dapat Anda lakukan dengan drive ini yang sangat berguna. Berikut adalah 10 cara Anda bisa memperoleh manfaat flashdisk drive USB untuk melakukan hal lain lebih dari sekedar hanya menyimpan dan memindahkan data.
1. Menjalankan aplikasi portabel..
2. Boot sistem operasi.
3. Menghubungkan ke jaringan nirkabel.
4. Membuat disk reset password.
5. Meningkatkan Kecepatan boot.
6. Mengelola Drive.
7. Gunakan sebagai pemutar MP3.
8. Melindunginya dengan Password.
9. Untuk menjalankan situs Web.
10. Kunci PC Anda.

PRINSIP KERJA FLASHDISK:
1. Colokkan FD anda, pastikan anda telah memback-up data2 yang ada didalamnya sebab FD akan diformat.
2. Masuk ke Device Manager. Caranya klik START > CONTROL PANEL. Lalu pilih SYSTEM. Selanjutnya klik tab HARDWARE trus pilih DEVICE MANAGER.
3. Klik pada disk drive, anda akan melihat drive FD anda.
4. Klik kanan pada drive FD tersebut trus pilih Propertis. Setelah itu masuk pada bagian Policies, selanjutnya klik radio button Optimized For Performance.
5. Setelah itu, format FD anda lewat explorer. Klik kanan drive FD anda trus pilih Format.
6. Tunggu hingga proses format selesai.
7. Jadilah FD anda bersistem file NTFS.


7. JENIS,FUNGSI, DAN PRINSIP KERJA PERANGKAT KOMUNIKASI
1.MODEM.
Jenis modem:
Jenis jenis Modem berdasarkan pemasangannya,
Berdasarkan pemasangan pada perangkat komputer mudem terdiri dari dua jenis, yaitu Modem internal dan modem external. Modem internal dipasangkan pada bagian dalam CPU misalnya pada slot PCI (pada motherboard tertentu sudah dilengkapi modem dari pabriknya), Sedangkan modem external dipasang pada bagian luar CPU, umumnya dipasangkan pada Serial port atau USB pada CPU.
Jenis jenis modem berdasarkan jaringan atau media
Berdasarkan jaringan atau media salurannya modem terdiri dari dua jenis, yaitu:
Modem kabel dan modem wireless.
Fungsi modem:
Sebagai alat pengubah signal dari analog ke digital atau sebaliknya.Dengan kata lain fungsi utama dari modem adalah sebagai pengubah data sebelum di transmisikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar